Menu Perfeksionis: Es Teh Manis

Apakah anda seorang perfeksionis? Seberapa perfeksionis kah anda? Apakah anda pernah berpikir; seandainya ada seorang perfeksionis akut yang sedang memesan sebuah menu, sebut aja es teh manis sebagai menu minuman paling sederhana…

Mbak, pesan es teh manis satu, ya…

Mbak, mbak… Pake gula ya… Gula beneran. Jangan gula sari manis. Gulanya gula pasir yang kecoklatan, jangan yang putih bersih. Dua setengah sendok teh aja gulanya.

Oya, mbak… Sendok tehnya yang dari besi stainless ya… Soalnya kalo pake sendok teh plastik ukurannya beda. Itu kira-kira 7 gram, mba… Coba dipastikan aja takaran gulanya.

Eee… Eh, mbak… Tehnya teh seduh aja. Jangan teh celup. Yang melati. Seduh pake air mendidih yaaa… Jangan pake kompor gas. Kalo bisa pake tungku aja. Ceretnya yang dari tanah liat, jangan besi.

Bikin tehnya yang kental. Isi kegelasnya sampe setengah, tapi nunggu agak dingin, kira-kira 40 derajat. Jangan pake kipas angin… Biarin dingin sendiri.

Atau pake kipas sate boleh deh… Tapi kipas satenya yang dari anyaman bambu yaaa… Kipasin pelan-pelan aja. Jangan ditiupin pake mulut, mbak!

Terus jangan langsung dikasih es batu. Isi tehnya dulu, baru dikasih gula. Jangan lupa diaduk, 30 kali yaaa…

Mbak, mbak… Ntar dulu… Ngaduk gula sama tehnya searah jarum jam 15 kali, abis itu tambahin air sedikit, terus aduk lagi 15 kali berlawanan sama arah jarum jam.

Ngaduknya pake sendok kecil yang gagangnya panjang yaaa… Kalo bisa jangan sampe bunyi pas ngaduknya.

Eeeh… Mbak, mbak… Es batunya jangan banyak-banyak. Pake es batu yang kotak aja, kasih 4 biji aja. Es batunya dari air masak yaaa… Jangan yang air mentah. Minta yang transparan, jangan yang buram.

Oya, mbak… Sama dikasih sedotan. Yang warna putih, jangan yang warna warni. Yang bisa ditekuk ujungnya yaaa… Tapi jangan ditekuk dulu. Yang diameter sedotannya setengah senti yaaa… Jangan kepanjangan atau kependekan.

Eh, eh… Satu lagi mbak… Cepetan yaaa… Saya udah haus banget ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s