Pelayan Perfeksionis: Ayam Goreng

Anda perfeksionis? Terlalu perfeksionis, mungkin? Jangan coba jadi pelayan. Berbahaya. Karena ngga semua pelanggan juga perfeksionis. Tapiii… Boleh dicoba lah… Kalo punya nyali, hohohoho…

Mau pesan apa, mas? Ayam goreng? Ooo… Ada, ada… Masih banyak.

Mau ayam kampung atau ayam ras?
– Ayam kampung deh…

Mau yang jantan atau betina?
– Kayaknya yang betina lebih enak deh… Kalo ayam jantan dagingnya alot.

Iya, mas… Bener itu.
Jadi ayam kampung yang betina, yaaa…
– Iya, itu aja.

Mau dada, sayap, paha, atau…
– Dada dong… Potongan besar yaaa…

Oke, mas…
Mau dada kanan atau dada kiri?
– Hmmm… Yang kanan aja.

Oya, mas… Ayamnya mau yang bulunya warna item atau putih? Bulu cokelat, mungkin?
– Hmmm… Bulu putih aja… Ayam bulu hitam kayak dukun aja…

Iyaaa… Hehehehehe…
Ayam kampung betina bulu putih, ya mas…
– Iya.

Mau yang ayamnya hidup didalam pekarangan atau yang diluar pekarangan?
– Yang didalam pekarangan aja, lebih terurus kayaknya…

Yang tidurnya didalam kandang atau yang cuma diteras rumah?
– Yang didalam kandang dooong…

Tadi minta dada, ya mas…
– Iya… Potongannya yang besar yaaa…

Oke, mas…
Mau goreng kering atau setengah mateng?
– Hmmm… Goreng kering boleh, deh…

Mmm… Saya ulang yaaa…
Ayam kampung betina yang bulu putih, yang hidup dipekarangan dan tidur dalam kandang, dada kanan potongan besar… Goreng kering.
Mau goreng kering minyak banyak atau sedikit?
– Yang banyak dooong…

Oke.
Digoreng pake minyak sawit, atau minyak kelapa?
– Minyak kelapa kayaknya enak yaaa…

Iya, mas… Itu memang lebih enak.
Minyaknya mau baru atau minyak yang udah dipake sebelumnya? Atau mungkin mau digoreng pake minyak curah?
– Pake minyak baru laaah…

Mmm… Goreng kering pake minyak kelapa, yang baru, yang banyak.
Oya, mas… Dada ayamnya mau digoreng menghadap atas atau bawah?
– Yang enak aja deh… Yang penting mateng. Goreng kering yaaa…

Iyaaa…
Mau digoreng diatas kompor minyak, kompor gas, atau kompor tungku?
– Kompor gas, deh… Biar cepet.

Kompor gas, yaaa…
Yang pake tabung LPG 3 kilo, atau yang 12 kilo?
– Yang 12 kilo aja… Biar gasnya awet.

Mau yang selang gasnya panjang atau pendek, mas?
– Yang selang panjang aja… Biar tabungnya bisa rada jauh dari kompor, takut meleduk.

Iya… Bener juga, mas…
Mau digoreng pake wajan besi atau aluminium?
– Aluminium deh… Biar cepet mateng.

Sutilnya mau pake kayu atau besi?
– Sutil besi…

Sutil besi…
Mau yang flat atau yang ada bolong-bolongnya?
– Pake yang ada bolong-bolongnya… Biar minyaknya cepet turun.

Mau ditiriskan dulu, atau mau langsung disajikan?
– Ditiriskan dulu dooong… Tapi jangan lama-lama yaaa…

Ditiriskan pake tirisan kawat jaring atau diatas kertas minyak?
– Kawat jaring, tapi alasin kertas minyak.

Mmm…
Pake nasi ngga?
– Pake… Tapi setengah porsi aja.

Mau beras biasa, beras pulen, atau beras Bulog?
– Ih, beras Bulog… Yang pulen, laaah…

Nasi pulen, setengah porsi.
Ayam kampung betina bulu putih, yang hidup di pekarangan dan tidur dalam kandang, goreng kering dada kanan potongan besar, pake minyak kelapa yang baru dan banyak, wajan aluminium di kompor gas, pake LPG tabung 12 kilo selang panjang jauh dari kompor, digoreng bolak balik, pake sutil besi bolong-bolong, ditiriskan di tirisan jaring kawat sambil dialasi kertas minyak. Plus nasi pulen setengah porsi.
– Iya, betul.

Pake lalapan, mas?
– Pake. Tapi ngga mau daun kemangi.

Kalo kubis, daun seledri, tomat, kacang panjang, timun, pete… Mau?
– Kacang panjangnya ngga usah aja.

Kubisnya mau yang putih atau kehijauan?
– Putih aja

Tomatnya?
– Mentah aja, yang merah.

Diiris atau utuh?
– Diiris

Tipis, atau tebal?
– Hmmm… Tebal aja

Timunnya?
– Timun muda

Yang besar, atau yang kecil?
– Yang besar

Dikupas?
– Kupas kasar aja

Pake pisau atau pake alat pengupas?
– Pake pisau aja…

Pake sambel?
– Iya

Pedes? Atau biasa?
– Kasih pedes aja

Lombok ijo, atau lombok merah?
– Lombok merah aja

Yang rawit, biasa, atau kering?
– Cabe rawit

Sambelnya mau pake tomat sama terasi?
– Tomat aja

Tomatnya mau satu atau dua?
– Satu aja

Tomat kuning, atau ijo?
– Hmmm… Kuning

Besar, kecil?
– Yang besar aja

Sambelnya mau diulek atau diblender?
– Diulek, dooong…

Pake cobek sama ulekan kayu, atau batu? Atau semen?
– Cobek batu aja, yaaa…

Mau diulek kasar, atau halus?
– Ulek yang halus.

Dikasih gula sama garam?
– Iya.

Ditambahin bawang merah sama putih ngga?
– Bawang merah aja. Bawang putihnya jangan.

Bawangnya mau mentah atau digoreng dulu?
– Hmmm… Langsung mentah aja.

Mau diiris-iris dulu, atau utuh?
– Utuh aja ngga apa.

Mmm… Oke, mas…
Ditunggu yaaa…
– Bisa cepetan ngga?

Ooo… Ngga bisa, mas… Ini bukan KFC atau Mc. Donald.
Kan mesti nyari ayam betina warna putih yang hidup di pekarangan dan tidur dalam kandang… Minyak kelapanya ya mesti marut kelapa dulu… Diperas terus disaring biar jadi minyak. Cobek batunya juga mesti bikin dulu… Mesti dipahat sama dihaluskan dulu permukaannya. Kan nda mau makan sambel campur kerikil…

– Sue, lu! Tau gitu mending makan ditempat lain.

Advertisements

4 thoughts on “Pelayan Perfeksionis: Ayam Goreng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s