Tips Membuat Kotak: Half Cutting

image

Sesekali pengen nulis yang rada serius… Tentang membuat kotak, fancy box, rigid box, atau apapun istilahnya. Salah satu teknik dasarnya adalah memotong bahan baku, yang ngga lain dan ngga bukan adalah karton. Atau kertas tebal jenis lain. Whatever. Judulnya; memotong karton dengan teknik half cutting.

Apa itu half cutting? Mungkin istilah ini ngga ada dalam dunia potong memotong kertas dan karton. Wajar lah… Ini istilah saya aja, buat menyebut cara memotong karton yang ngga sampe putus. Kenapa? Kalo sampe putus, kita bakal direpotkan dengan mempresisikan bagian-bagian yang udah terpotong.

Apa yang kita perlukan? Tentu aja seperangkat alat ukur dan potong, dibayar tunai. Karena trik ini untuk motong karton secara manual, jadinya kita butuh sebilah penggaris besi kualitas oke yang datar dan lurus, ditambah sebuah pisau cutter dengan mata pisau yang setajam sembilu.

Btw, sembilu itu apa yaaa… Lupain. Kenapa penggaris besinya harus datar dan lurus? Karena kalo melengkung, itu jadinya busur. Maksud saya lurus; karena tepian penggaris besi yang sering bergesekan dengan mata cutter punya kemungkinan aus. Ngga banyak… Tapi percayalah, kalo anda fanatik lurus, melenceng setengah milimeter rasanya seperti aib ngga termaafkan.

Dan yang pasti, sejago-jagonya anda berhitung, ngga perlu menghitung udah berapa kali mata cutter anda berjalan lurus diatas karton. Prinsipnya; kalo buat ngegores selembar kertas HVS tipis ngga robek, malah kusut, itu pertanda anda harus membuang ujung mata cutter. Gimana caranya? Patahin aja… Itu kan ada ruas-ruas. Tumpul, patahin. Gitu terus sampe ruas terakhir.

Tujuan lain dari half cutting, selain biar ngga ribet menyatukan kembali bagian-bagian yang udah terpotong, adalah untuk memberi aksen atau detail tekukan setelah kotak hampir selesai. Emang ngga gitu perlu, sih… Tapi percayalah, kalo anda seorang perfeksionis, hal itu akan sangat memuaskan. Memuaskan perasaan aja… Ngga megurangi fungsi kegunaan samasekali.

Untuk contoh hasil half cutting setelah jadi, silakan pantengin beberapa gambar yang berserakan ini… Perhatikan sudut-sudutnya, bagian tepi.

image

image

image

_____
Balikpapan,
26 April 2014, siang di kantor.
27 April 2014, mitnait dirumah.

*Semua foto dokumen pribadi, bukan hasil comot via Googling. Sudah dan masih dipublikasikan di Facebook dan Google+ dan Instagram dengan username Djatmiko Xv.

Copy paste, stealing and piracy is immoral.

Advertisements

One thought on “Tips Membuat Kotak: Half Cutting

  1. Hehe.. gue banget om, .. Maniak Lurus.
    Ga suka banget kalo liat potongan, lipatan2… ga presisi mencong-mencong.
    Apalagi kalo jilid hardcover, terus bagian tepinya ga lurus. Jelek banget tuh.
    pokoknya Hidup Lurus !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s