Manajemen Kabel dengan Velcro

image

Judulnya begitu, karena tujuannya me-manage kabel biar ngga kusut. Ada banyak cara, tapi cara paling praktis menurut saya dengan #Velcro. Apa itu velcro? Itu sejenis pita kain atau plastik sintetis dengan dua sisi berbeda; satu sisinya bisa menempel di sisi lainnya, menjadikannya bisa mengikat apapun yang mau diikat.

Sifatnya ngga permamen, beda dengan #CableTie yang mengikat mati. Bahasa keren dari Velcro ini adalah #KrekKrekan, bagi sebagian yang kurang paham apa itu Velcro.

Ada beberapa jenis Velcro, meski Velcro itu sendiri merupakan sebuah merek. Tapi ya, udah kadung taunya Velcro… Mau yang biasa dan murah ada, mau yang bagusan tapi rada mahal juga ada.

Buat yang biasa, yang sering kita temui sebagai pengganti resleting jaket gratisan (ngga selalu, cuma karena murah aja…) bisa didapat di toko-toko alat dan perlengkapan konveksi, sekitar 2,500 rupiah permeter untuk yang lebar 1/2 inchi. Itu harga 2-3 tahun lalu… Masih murah lah… Paling naik juga berapa. Oya, Velcro yang ini terdiri dari 2 bagian, jadi mesti bisa jahit menjahit kalo mau maksimal makenya.

Untuk yang bagusan, tinggal main potong dan gulung, ya merek Velcro. Cuma 1 bagian, tapi masing-masing sisinya berbeda, bisa saling merekat. Lebih praktis, tapi juga (jauh) lebih mahal kalo dibandingin sama yang biasa. Sekitar 2 tahun lalu harganya masih sekitar 50 ribu rupiah permeter di Ace Hardware. Itu udah gulungan… Jadi ngga bisa beli cuma 10 cm atau secukupnya aja.

Ada juga kalo mau gratisan… Cari teman atau sodara yang mau beli laptop tapi ngga tau apa itu Velcro. Dengan begitu, kamu bisa minta Velcro yang biasanya ada didalam dus laptopnya. Tapi ya, tergantung juga… Kadang ada yang ngga ada, tergantung merek sama serinya. Kalo dulu, Velcro kabel laptop bagus-bagus, tipis dan kadang warna warni. Sekarang kayaknya udah ngga…

Aplikasinya bisa macam-macam. Saya pake Velcro buat ngikat gulungan kabel charger, kabel listrik, juga kabel headset. Nah, khusus buat kabel headset, saya pake yang kecil dan tipis, boleh nemu dari dus laptop bekas di kantor yang dibuang-buang. Fungsinya, ya biar itu kabel headset yang kepanjangan ngga berkeliaran kemana-mana dan bikin bahaya.

Tip sepele tapi lumayan berguna… Kalo suka pake wired headset (yang kabel, bukan wireless) mending pake Velcro. Kenapa? Ya itu, biar ngga ribet. Dan usahakan kabelnya jangan keliatan, biar ngga kecantol yang lain, selain norak juga kalo dilihat. Sembunyikan dalam baju, atau jaket kalo hape ditaruh di kantong. Safety aja… Estetika juga.

Silakan dicoba, biar hidup ini ngga makin kusut dengan kabel-kabel yang seliweran kesana kemari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s