Resto Kampret: No Smoking

Disclaimer: Ini cuma joke, ide kampret yang tiba-tiba datang waktu mau tidur tapi pengen makan, dan abis makan pengen merokok. Abis makan bukannya tidur, malah bikin kopi dan lanjut bakar rokok, terus latah bikin tulisan ngga jelas. Don’t be so serious ’cause I’m not so serious. Why so serious?

Pengen buka depot, warung, atau bahkan kafe? Tapi elu ngga merokok, dan benci banget sama asap rokok. Solusinya gampang… Ngga perlu pake pasang tulisan DILARANG MEROKOK atau NO SMOKING, apalagi sampe segede gaban. Jadikan itu peluang…

Pertama, jelas… Jangan kasih asbak diatas meja. Ntar orang yang mau merokok pasti nanya, “Ada asbak?”. Nah, disitu peluangnya… Masukin asbak didalam menu. Sewa asbak; asbak besar, asbak kecil, asbak plastik melanine, kaca, keramik atau marmer, polos atau motif. Itu sekalian bisa dijual kalo ada yang mau. Lumayan…

Kedua; orang kalo sendiri biasanya merokok 1-2 batang abis selese makan, tergantung apa yang dia lakuin setelah makan. Mau canggih dikit, kasih argo di asbaknya, biar ketauan dipake berapa lama. Ini bikin orang mikir buat mau nambah merokok lagi. Tarifnya jangan perdetik, kemahalan… Karena durasi orang merokok itu sekitar 3-15 menit, tergantung jenis rokok dan cara ngisepnya.

Ketiga; selain sewa asbak dan diitung permenit (kasih aja 3 menit pertama flat, tarif dasar), itung juga berapa banyak puntung rokoknya. Rugi dong kalo orangnya ngerokok rokok putih, 10 menit bisa abis 2-4 batang, rokok kretek paling juga sebatang, macam Djie Sam Soe belum tentu 10 menit abis. Kenain tarif tiap puntung rokok yang ada didalam asbak.

Nah, kalo ada yang curang, buangnya ke lantai? Ya tarifnya beda dong… Udah merokok, dia buang puntung sembarangan di lantai kan bikin kotor. Terus, kalo buang abunya di piring kotor? Tambahin lagi charge-nya… Bilang aja, ini piring, mangkok dan gelas spesial yang dicuci pake mesin khusus dan sabun khusus, ngga boleh sembarangan kena abu rokok gitu.

Mudah, kan? Ngga perlu repot keluar duit buat nge-print tulisan DILARANG MEROKOK atau NO SMOKING, apalagi sampe belain bikin poster segala. Cukup tambahin ‘sewa asbak’ didalam buku atau daftar menu. Tulisannya jangan gede-gede… Ntar ketauan kan ngga seru.

Ya, itu sekedar tip kalo elu punya atau pengen buka depot, dan benci sama rokok tapi ngga mau mendiskriminasi perokok buat datang ketempat lu. Cukup brengsek memang… Karena bikin usaha yang beneran bener emang ngga mudah, dan cari duit jaman sekarang rada susah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s