Precise Hand Cut

image

Mau gimana-gimana, motong karton, apalagi tebalnya 3-5 mm, lebih presisi kalo pake mesin potong. Tapi kalo ngga punya, dan kebutuhannya ngga banyak? Ya lu potong manual, lah…

Kunci pertama dan utama kalo mau motong karton secara manual: *jangan pelit*. Maksud saya, jangan perhitungan soal isi cutter atau mata pisaunya. Lagian, isi cutter biasa juga ngga mahal-mahal amat… Paling juga goceng. Beda kalo makenya OLFA atau NT Cutter yang emang lumayan kalo buat isi cutter doang.

Kenapa jangan pelit? Safety aja. Itu cutter kan ada garis-garisnya, snap off blade bahasa ilmiahnya. Nah, bagian-bagian itu bisa dipotong kalo ujungnya udah tumpul. Motongnya ada alatnya, ngga khusus amat karena pake tang juga bisa.

Kalo ngga expert, maksa motong pake cutter yang udah tumpul bisa fatal banget. Apalagi kalo penggarisnya bukan penggaris stainless hardened. Penggaris besi biasa bisa, tapi potensi gesekan sama mata pisau bisa bikin lebih cepat aus, usahakan lebih hati-hati dan konsentrasi. Jangan pake penggaris mika, apalagi plastik yang tipis.

Motong manual bukan cuma soal alatnya udah oke, tapi juga soal konsentrasi dan kehati-hatian. Pelan aja, tapi pasti. Jangan mikir yang lain, fokus. Dan usahakan kerjain ditempat yang tenang dan nyaman.

Semua kerjaan pasti ada resiko atau konsekuensinya. Motongin kertas dan karton manual gini, bisa tangan atau jari keiris, atau cuma beset dikit. Biasanya jempol, karena jari ini posisinya nahan penggaris buat jalurnya cutter. Makin cepat gerakan motong dan besar tekanan yang kita kasih di cutter ke permukaan, makin besar kemungkinan kecelakaannya.

So, work safety. Gunakan pengaman, fokus, konsentrasi dan berhati-hati. Apapun kerjaan yang kita lakukan. So not joking with your work.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s