Kertas, Karton, Kain

image

Berhari-hari, berminggu-minggu.

Biasanya saya bikin kotak dengan bahan baku 100% dari kartas dan karton, dengan lem kertas. Tapi waktu teman saya kasih kerjaan ini, mesti rada mikir juga… Lapisannya pake kain dengan lapisan spon tipis di tutupnya, batik pula.

Karena saya ngga ekspert soal jahit menjahit, juga ngga punya mesin jahit, jadinya balik pake cara paling praktis aja… Dengan bantuan lem. Tentu aja lem dengan label ‘multi purpose’. Tapi tetap aja ngga semudah pake bahan kertas, dimana ngerjainnya bisa sambil tutup mata, khehehehe… Ngga lah.

image

Tapi kalo ngga begini, ya gitu-gitu aja… Berkutat dengan kertas dan kertas, seperti ngga ada tantangannya.

Kalo ditotal, benernya waktu pengerjaannya ngga gitu lama. Yang bikin lama itu mikirnya aja… Gimana cara motong kainnya, gimana biar ngga melenceng. Pake gunting? Iya lah… Semua orang juga tau kalo motong kain bagusnya pake gunting. But I prefer cutter more. Yup, akhirnya saya mutusin motong kainnya pake cutter dengan bantuan penggaris besi dan alas kaca tebal biar ngga melenceng. That’s behind the seen. Toh orang lain juga ngga ada yang tau prosesnya gimana.

image

image

Secara pribadi, saya ngga bilang ini perfect, juga bukan ‘my best’. Karena kombinasi kertas/karton dan kain bukan spesialisasi saya. Tapi cukup menantang buat dikerjain. Menyita waktu dan pikiran yang kalo dilihat orang, saya jadi kayak autis ngerjain beginian.

Tiap orang punya dunianya sendiri-sendiri, dengan suatu hal yang bisa bikin dia nyaman dan menikmati hidupnya. Hidup emang ngga afdol kalo ngga punya hobi. So this is my hobby, my escape.

image

image

image

image

Dan yang menurut saya rada gila, saya udah ngga di Surabaya waktu buat ini, sedang ordernya datang dari Surabaya, dari seorang teman yang sekarang kerja disebuah kampus di daerah Tenggilis, Surabaya. Why? Saya ngga tau… I just fully enjoy what I did yesterday.

__________
20150110
Ketika Balikpapan Baru mati lampu, lagi…

4 thoughts on “Kertas, Karton, Kain

    1. Tergantung ketebalan materialnya, gan… Kalo pake yellow/grey board standar yg 3 mm, lebihinnya sekitar 2-3 mm buat tutupnya. Tapi cara paling jitu, setelah bawahnya jadi ukur ulang panjang lebarnya, lebihin 0,5-1 mm biar gak terlalu ngepress tapi juga gak longgar amat. Tinggi standar tutup biasanya 2-3 cm.

Leave a Reply

