Kenapa Harga Ayam Goreng KFC Lebih Mahal

Pertanyaan ini muncul tiba-tiba waktu saya lagi makan, dan kebetulan memang ayam goreng. Bukan ayam goreng asli KFC dan juga bukan didalam KFC, tapi ayam goreng biasa dan dirumah aja. Kenapa harga ayam goreng KFC lebih mahal dari ayam goreng lainnya? Paling ngga, lebih mahal dari ayam goreng ala KFC yang banyak dijual dipinggir jalan.

Kita sering menyebutnya ayam goreng ala ‘kentaki’ (Kectucky, aslinya), karena bentuknya memang mirip dengan ayam goreng Kentucky asli alias KFC. Soal rasa… Ada harga ada rasa, you get what you paid. Sepotong dada ayam ala kentaki rasanya pasti beda dengan sepotong dada ayam asli KFC, yang saya gak tau berapa harga pastinya sekarang. Jaman dahulu kala cuma goceng sepaket sama nasi plus softdrink di jam tertentu, dan saos cabe sepuasnya selama ngga tau malu aja.

Perbedaan lain, pedagang ayam goreng ala kentaki kadang jauh lebih kreatif ketimbang karyawan KFC. Terbukti dari adanya beberapa varian yang ngga mungkin ada di KFC, seperti usus goreng, kepala ayam dan ceker. Memaksimalkan bahan kayaknya, dan terbukti memang bisa dijual. Permasalahannya, kenapa KFC bisa mahal? Ngga usah terlalu serius, dan juga ngga butuh jawaban serius.

Seriusnya, karena KFC bermerek, dan semua orang juga tau. Gak perlu dijelasin lebih jauh, anak SD juga pasti tau. Kalo ngga tau, ya tolong dikasih tau lah… Sewa tempat, pasti bayar. Stan atau gerobak ayam goreng ala kentaki juga kadang menyewa tempat. Tapi saya yakin gak semahal KFC asli. Kalo ngga mau sewa, dagang aja dipinggir jalan… tinggal kabur kalo ada Kamtib atau Satpol PP lagi infeksi, hais… inspeksi maksud saya. Lalu, bahan dan racikan bumbu. Ini juga udah pasti. KFC punya pemasok sendiri, gak tau siapa dan ngga tau dimana.

Minyak goreng. Ini bisa jadi salah satu faktor kenapa harga ayam goreng di KFC bisa lebih mahal. Saya pernah lihat, tapi di Mc. Donald, waktu antri untuk beli menu yang harganya paling terjangkau dengan kondisi kantong saya (sebut aja murah, bukan istilah sebenarnya). Di restoran cepat saji seperti Mc. Donald dan KFC, yang saya lihat cara gorengnya seperti merebus, ngga pake dibolak balik seperti pake wajan.

Lalu, karena seperti merebus, udah pasti minyaknya banyak. Dan, umumnya sekali pake aja. Gak ada istilah minyak curah dipake buat goreng ayam di restoran cepat saji yang udah terkenal. Paling ngga, ngga kelihatan. Sedangkan yang bukan asli KFC, minyaknya bisa dipake berkali-kali. Buat menghemat biaya produksi.

Tapi menurut saya, harga ayam goreng di KFC tetap lebih mahal ketimbang di Mc. Donald. Karena resep bumbu rahasia ayam goreng KFC dibuat oleh seorang Kolonel yang jago masak (tau bener atau ngga). Konon, dia juga seorang Koki (gak yakin juga). Sedangkan Mc. Donald, resepnya dibuat oleh badut berhidung merah yang pake make up tebal, identitas asli disamarkan.

Kenapa Kolonel logo KFC itu tersenyum? Karena dia merasa, biar mahal tapi laku… Dan kenapa badut Mc. Donald sering terlihat duduk sendiri di bangku panjang? Mungkin dia mikir gimana caranya bisa menyaingi KFC dengan harga yang ngga terpaut jauh. Atau dia lagi nonton orang antri di ‘drive thru’ dan mikir… “Hmm… Untung gue bukan Kolonel, jadinya orang-orang ini gak perlu takut beli makanan biarpun ngga pake turun dari mobil”.

Begitulah kenapa harga ayam goreng di KFC lebih mahal, dan kenapa sang Kolonel tetap tersenyum. Sedangkan saya, tetap ngga habis pikir kenapa tiba-tiba bisa mikirin ini semua… Why so serious?

_____
original posted on 03:30 PM 23/09/2012
http://www.kompasiana.com/djatmikoxv/kenapa-harga-ayam-goreng-kfc-lebih-mahal_5517c35ca333117707b661ad
edited on 11:42 PM 17/06/2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s