Terlalu S, Terlalu…

Kadang saya heran aja sama orang yang terlalu S. Semua hal dia pengen tau, tapi begitu dikasih tau dia ngga ngerti. Semua hal dia tanyain, tapi begitu dijelasin dia tetap aja ngga ngerti. Ngga perfect. Lambat, lemot. Ngga punya inisiatif buat cari tau sendiri, takut buat jalan sendirian. Tapi bukan berarti mereka ngga bagus… Cuma, buat orang berkarakter C atau D, hal kayak gitu samasekali ngga penting.

Saya sendiri pernah ada di posisi sebagai orang berkarakter S. Steadiness, atau karakter yang suka dengan segala sesuatu yang stabil, aman, damai, ngga ada konflik, semua orang saling ramah tamah dan ada banyak teman. Tapi, DISC bukan hal yang absolut, dan karena itu bisa berubah. Banyak faktor yang bikin karakter kita bisa berubah. Misalnya, lingkungan dan pengalaman.

Dulu, saya ngga pernah suka sama namanya orang D. Sukanya merintah, maunya cepat. Tapi, pas kemarin iseng ikut tes DISC lagi, waaaaa… Ternyata! Hahahahaha… But that’s okay. Ada kondisi tertentu yang mengharuskan seorang S berubah drastis menjadi D. Kalo kamu kerja sendiri, atau cuma dalam kelompok kecil, dan teman kerja kamu terlalu S, akhirnya mau ngga mau kamu pasti jadi D. Ngga juga sih… Kalo kamu merasa itu bukan tanggung jawab kamu, mungkin selamanya kamu bakal stag di S.

Bukan berarti saya anggap orang S ngga punya rasa tanggung jawab. Setiap karakter punya. Tapi konteks dan tujuannya beda. Orang D merasa bertanggung jawab, karena kalo ngga dia lakuin dia bakal hancur. Sedang orang S, mereka bertanggung jawab karena ngga mau ditolak dari lingkungan sosialnya. Sesuai lah sama D for dominance, S for steadiness.

Tapi tetap aja, meski saya pernah ada di posisi sebagai orang S, rasanya ditanya yang basa basi itu ngga banget. Maksud lu apa, mau lu apa… Begitu jadinya kalo udah ada di zona D. Setiap ada orang yang mau dekat sama kita, kita secara naluriah bakal bertanya-tanya, ini orang mau apa. Setiap ada orang nelpon, kita pasti mikir, ini yang nelpon siapa, penting atau ngga telponnya, jawab telponnya juga seperlunya aja. Ngga pake nanya kabar, dimana dan lagi ngapain. Kecuali ngecek posisi… Bener ngga itu orang stand by di tempatnya.

Permasalahannya, bakal jadi agak sedikit ngga manusiawi ketika D berkolaborasi sama C. Quick in perfection. Seperti yang sering dijadikan anekdot sama trainer saya disetiap pelatihan DISC; D itu Belanda yang sukanya merintah negara lain (ingat, Indonesia pernah dijajah Belanda beratus-ratus tahun) dan C itu Jepang yang kalo bikin sesuatu pasti sempurna (lihat aja ideologi Samurai, teknologi, musik dan budaya pop dari Jepang). So, ketika D dan C merger jadi satu… Kamu harus cepat dan ngga boleh salah.

Terus, apakah enak migrasi dari karakter S ke D? Ya ngga lah, cong… Kamu bakal jadi agak ngga peduli sama orang lain, karena merasa tanggung jawab kamu lebih besar dari yang lain (dalam konteks kepemimpinan, bukan kehidupan sosial). Nah, yang jadi pertanyaan; siapa yang nyuruh kamu tanggung jawab? Ngga ada. Itu instingtif, intuisi aja. Karena ada saat dimana kita harus merubah kebiasaan dan menentukan sikap, atau selamanya kita ngga bakal jadi siapa-siapa. Hais… Bijak banget, wkwkwkwk…

Mau kamu jadi D, I, S, atau C, itu pilihan. Karena DISC bukan bawaan orok seperti fingerprint. Kita bisa milih mau jadi apa dan siapa dalam DISC, tergantung kebutuhan.

Saya bukan sengaja mau jadi D, karena saya emang ngga bisa milih, meski faktanya saya ngga terlalu suka dengan beberapa karakter S. Kalo kamu harus jadi kepala keluarga atau jadi leader sebuah tim, dimana cuma kamu yang bisa lakuin itu, D itu udah jadi harga mati, atau keluarga dan tim kamu berantakan. Saya harus jadi C, kalo ngga… Semua ngga bakal terorganisir. Sampe akhirnya saya merasa kalo basa basi itu udah ngga perlu, just tell me to the point; what you want, what you mean.

image

image

__________
Balikpapan, 4 Juli 2015

*With a very big thank you to my past team mates, my leader, my trainer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s