Kenapa Bagusnya di Kanan

Pertanyaan ini sepele, tapi penting. Di jaman yang udah canggih begini, ketika kita bisa bawa banyak hal dalam benda kecil yang disebut hape, apa kita masih perlu pake jam tangan? Masbro… Di layar hape kita udah ada jam. Buat apa lagi kita mesti pake jam tangan, dan di tangan kanan pula?! Sodara-sodara sebangsa tanah dan sebangsa air, jam tangan itu bukan cuma penunjuk waktu. Dia adalah identitas.

Mungkin sebagian orang bakal wow, shock, atau malah biasa aja ketika ditawarin jam tangan yang harganya sampe belasan, bahkan puluhan juta rupiah. Dan mesti dibayar pake duit beneran, bukan duit fotokopian campur daun. Tapi buat sebagian orang yang lain, itu biasa aja. Malahan wajar aja. Lah, emang harganya segitu… Terus, kalo ada jam tangan, ngapain kita pake hape? #Eh…

Dari kecil, saya udah biasa pake jam tangan. Dan rasanya ngga pake jam tangan itu rada gimana… Tapi ada momen dimana saya harus ngga pake jam tangan. Bukan karena waktu tidur atau mandi… Tapi karena jam tangan itu hilang atau rusak dan ngga ketolong. Bahkan, saking kebiasaan make jam tangan, saya sempat beberapa bulan pake jam tangan yang udah rusak, yang jarumnya disitu-situ aja, angka digitalnya begitu-begitu aja. Saya menyebutnya gelang yang mirip jam tangan.

Sampe saking pengennya balik pake jam tangan, akhirnya saya mampir kesebuah toko alat tulis kantor yang kebetulan jual jam tangan… “Berapa duit, koh?” tanya saya waktu itu. Dan engkoh yang jual bilang kalo harganya 30 ribu. Serius??? Iyalah… Harganya emang segitu. Dan karena udah ngga idealis, udah mulai males bolak balik ngeluarin hape dari kantong cuma buat ngecek jam berapa, akhirnya saya beli jam tangan murah meriah itu. Dan secara naluriah, saya langsung pasang jam itu di tangan kanan. Faktor kebiasaan aja…

So, kenapa bagusnya make jam itu di tangan kanan? Terlepas dari kidal atau ngga? Kan terserah orangnya aja mau makenya dimana… Punya dia juga, bukan elu yang beliin.

Begini masbro dan mbaksist… Pernah ngga kita mikir, kalo apapun yang kita pake bisa menunjukkan jati diri dan posisi kita? Kenapa kita suka mamerin hape? Meski banyak orang ternyata ngga sempat merhatiin hape apa yang kita bawa-bawa dalam genggaman, meski benernya lebih aman kalo dikantongin aja… Karena jaman sekarang, hampir semua orang punya hape, dan udah rada susah bedain dia pake hape mahal atau ngga. Apalagi kalo logo mereknya diilangin… Elu tebak deh.

Tapi sebenarnya ada beberapa jenis orang yang ngga merasa perlu hape di jaman secanggih ini, apalagi cuma buat ngecek jam… Orang-orangan sawah; dia samasekali ngga perlu hape dan juga ngga perlu jam tangan.

Dalam dunia kesopanan di budaya timur, kanan itu berarti baik. Karena itu kita salaman dengan tangan kanan. Dan kalo kita make jam di tangan kanan, kesempatan orang yang salaman sama kita buat nanya jam yang kita pake jadi besar… “Wuih, gilaaa… Jam tangan lu keren banget, bro! Berapa duit?”. Dan kita bisa dengan bangga bilang “Ah, biasa aja pren… Tiga puluh ribu doang… Bonus bunyi kerincing-kerincing karena rantainya ngga rapat”.

So, begitulah. Kenapa bagusnya di tangan kanan. Apalagi kalo jam yang kita pake emang beneran mahal dan jarang yang make. Minimal kita bisa nunjukin ke orang yang kita salamin kalo kita punya perhatian sama waktu. Perhatian doang… Soal on time atau ngga, itu tergantung keadaan. Keren aja dulu… “Bro! G-Shock lu aseli???”. Dan kita bisa jawab “Yoi, brooo… Asli kata yang jual. Dikasih murah gue… Cuma seratus ribu sekilo”. #Eh…

image

__________
Selatan Jakarta, Kalibata – 17 Oktober 2015

Djatmiko Xv (bukan nama sebenarnya); udah ngga pake Casio G-Shock karena mahal, dan (akhirnya merasa) udah bukan ABG lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s