Random Awal November

Maunya kita; semua bisa ideal dan baik-baik aja, berjalan sesuai dengan rencana. So, kamu mau seperti itu? Live in your dream (!!!). Seperti kata teman dekat saya; mesti ninggalin zona nyaman atau begitu-begitu aja. Keputusan yang sama, yang akhirnya saya ambil di awal tahun ini… Resign. Karena saya ngga mau begitu-begitu aja, ngelakuin hal yang itu-itu aja, dengan hasil segitu-segitu aja. And here I am, in the center of the sun.

Saya selalu berpendapat; mainstream itu membosankan. Meski ngga selalu. Disaat orang-orang udah ngerubah selera musiknya ikut arus pasar, saya masih aja dengerin jenis musik Grunge yang samasekali udah ngga up to date. Cuma segelintir orang yang dengerin… Dan ketika lagu Indonesia mendayu-dayu bicara soal cinta melulu, saya yang emoh ikut selera pasar tapi mau nyoba dengerin lagu pop Indonesia akhirnya milih Efek Rumah Kaca.

Ngga ada yang ideal di dunia ini, kecuali idealisme itu sendiri. Idealisme, yang cuma pikiran dan ngga jarang sulit dilakukan. Kamu mau? Seberapa besar nyalimu buat mewujudkan idealisme itu? Dan apa kamu yakin bisa? Bisa. Selama kita punya sikap, dan berani ngga peduli orang mau bilang apa soal kita. Masalahnya, ninggalin zona nyaman itu ngga semudah yang kita ingin. Cuma pengen… Tapi takut gerak, males nerima konsekuensinya.

Kalo dulu saya ngga resign, saya mungkin masih ngelakuin hal-hal yang itu-itu aja dan begitu-begitu aja, dengan pendapatan segitu-segitu aja, dan dengan idealisme yang itu-itu aja tapi cuma dalam hati aja. Ngga bergerak kecuali cuma pengen, males ninggalin zona nyaman karena takut dengan perubahan. No challenge, no other opportunity.

Dulu saya juga orang dengan tipikal yang S banget… Dari DISC, dimana S itu simbol untuk steadiness. Suatu sikap yang lebih suka dengan keadaan stabil, cenderung menolak perubahan yang berpotensi bikin dia ngga nyaman. Dan mayoritas orang Indonesia memang bertipikal S. Dia bahkan bisa menolak mati-matian meski itu cuma sebuah ide… Karena menurutnya itu bahaya. Lebih tepatnya; membahayakan rasa aman dalam pikiran dan perasaannya, meski faktanya itu ngga pernah ada.

Ngga tau kenapa, saya yang dulu pernah S banget, justru kadang eneg sama pikiran dan kelakuan orang S… Mereka cenderung takut bikin keputusan, maunya rame-rame, males banget kalo harus sendirian. Karena dulu saya juga seperti itu… Eh, temenin gue dong. Menurut elu, gimana? Too long. Cuma buat ambil keputusan untuk diri kita sendiri, masih harus nunggu pendapat dari orang lain yang belum tentu sesuai dan bisa ngebantu.

Kalo kamu ngga berani bikin keputusan untuk diri sendiri, gimana kamu bisa bantu orang lain untuk mutusin sesuatu… Kamu aja selalu ragu-ragu, melihat segala sesuatu dari sisi ngga enaknya dulu, dan ironisnya… You always said; think possitive. Positif atau negatif itu tergantung cara kita melihatnya.

Masbro… Kalo kita selalu dengerin apa kata orang, dan kita ngga berani berpendapat, yang ada malah kita jadi ngga punya sikap. Be brave, kadang keputusan itu emang sulit dibuat. Tapi itu cuma awal, dan awal yang menurut kamu sulit itu justru lebih dari setengah proses buat hasilnya. So, jangan cuma bisa nanya… Apalagi selalu mengharapkan jawaban yang sesuai keinginan kita. Ini bukan ujian anak SD, apalagi pertanyaan dengan pilihan ganda dimana jawabannya udah pasti.

Bertanya itu hak setiap orang. Tapi jangan ujung-ujungnya nanya melulu, sampe-sampe kamu lupa apa tujuan awal kamu nanya. Jangan sampe, jawaban-jawaban yang kamu dapat malah bikin kamu bingung, dan akhirnya kamu malah ngga jadi-jadi ngelakuin apa yang tadinya mau kamu lakuin. Nanya melulu… Sesekali elu bikin kesimpulan sendiri. That’s the correct thing you need to do.

__________
Selatan Jakarta, Kalibata,
1 November 2015, malam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s